Pentingnya Kandang Ayam

Pentingnya Kandang Ayam

Dengan banyaknya desas-desus tentang betapa unggas “buras” yang lebih sehat dan lebih manusiawi, mungkin tampak lebih baik untuk melupakan kandang ayam untuk kawanan Anda. Tetapi kandang yang dirancang dengan baik bukanlah cara yang kejam untuk memelihara ayam – sebaliknya, ini adalah cara untuk menjaga ayam Anda tetap aman dan nyaman, yang akan meningkatkan produktivitas dan keuntungan kawanan Anda.

Mengapa Anda Membutuhkan Kandang

Kandang ayam penting karena berbagai alasan, termasuk…

A. Keamanan

Kandang yang kuat dan kokoh akan dirancang untuk menjauhkan predator seperti rubah, ular, tikus, rakun, elang, burung hantu, dan kucing dari ayam Anda. Selain itu, kandang yang aman juga memastikan ayam Anda tidak berkeliaran di daerah yang tidak aman, terutama di daerah perkotaan atau pinggiran kota di mana jalan atau lalu lintas terdekat dapat berbahaya bagi unggas Anda.

B. Penampungan

Meskipun ayam mudah beradaptasi dengan iklim dan kondisi cuaca yang berbeda, mereka tetap membutuhkan perlindungan yang nyaman dari cuaca terburuk, termasuk badai petir, hujan lebat, angin kencang, panas ekstrem, dan dingin yang menggigit. Kandang Anda akan membantu menjaga kawanan Anda lebih nyaman dan aman dari cuaca berbahaya.

C. Ruang Roosting

Ayam membutuhkan tempat yang familier dan aman untuk bertengger di malam hari, dan kandang Anda akan menjadi seperti itu. Kandang yang baik juga memungkinkan ayam bertengger sambil mempertahankan hierarki sosialnya, yang akan membantu meminimalkan perilaku teritorial yang dapat menyebabkan perkelahian atau intimidasi dalam kawanan. Ini juga akan memastikan Anda memiliki ayam yang cukup istirahat dan sehat. Silahkan daftar akun anda di Daftarnova88 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap menggenai cara untuk membuat ruang roosting.

D. Ruang Peletakan

Jika Anda memelihara ayam untuk produksi telurnya, kandang Anda sangat penting untuk tempat bertelur yang tepat sehingga ayam betina akan menghasilkan lebih banyak telur. Kotak bertelur dengan ukuran dan jarak yang tepat tidak hanya akan membuat ayam Anda lebih nyaman untuk bertelur lebih baik, tetapi juga akan lebih mudah bagi Anda untuk mengumpulkan telur dengan lebih sedikit stres dan gangguan pada burung.

E. Kemudahan Makan

Ayam menjadi sangat terbiasa dengan kebiasaan dan rutinitas, dan menggunakan kandang Anda sebagai tempat makan yang tepat akan mengajari ayam Anda untuk kembali ke area tersebut ketika sudah waktunya untuk diberi makan. Ini akan membantu Anda memantau dan memelihara kawanan Anda dengan lebih baik, memastikan setiap burung diberi makan dengan tepat dan memberi Anda kesempatan untuk mengamati ayam Anda untuk mengamati potensi masalah kesehatan.

F. Kurungan

Ada kalanya Anda perlu membatasi ayam Anda di area yang lebih kecil atau menjauhkannya dari bagian properti Anda yang tidak diperbolehkan. Misalnya, jika Anda harus melatih anjing, ayam dapat dimasukkan ke dalam kandang sehingga anjing dapat berlari dengan bebas tanpa mengganggu kawanannya. Kandang Anda juga dapat menjauhkan burung dari area taman atau lanskap yang lembut sehingga tanaman baru tidak akan terganggu.

Fitur Kandang Ayam Besar

Fitur Kandang Ayam Besar Ada banyak gaya, ukuran dan desain untuk kandang ayam yang efektif, baik Anda berencana membangun struktur Anda sendiri atau lebih suka membeli kandang yang sudah jadi. Sebelum Anda mulai, tanyakan pada kota Anda atau otoritas lokal lainnya tentang pembatasan kandang ayam, dan saat memilih atau merancang kandang, ingatlah fitur-fitur utama ini untuk memastikannya memenuhi semua kebutuhan ayam Anda.

A. Perlindungan Predator

Kandang yang ditinggikan tidak akan terlalu rentan terhadap predator kecil, dan semua retakan, lubang, dan celah harus ditutup rapat untuk menghindari predator yang ingin memakan ayam Anda. Jendela harus memiliki jaring yang kokoh sehingga tidak ada predator yang bisa masuk.

B. Ruang

Kandang Anda harus berukuran tepat agar sesuai dengan kawanan Anda dan menyediakan ruang yang cukup agar semua burung Anda merasa nyaman. Ukuran kandang yang tepat akan bergantung pada jumlah ayam yang Anda pelihara, ukuran dewasa mereka dan apakah Anda berencana untuk mengembangkan kawanan Anda.

C. Ventilasi

Asap dari kotoran ayam, tempat tidur yang membusuk dan bulu yang rontok dapat menyebabkan masalah pernapasan pada kawanan Anda, jadi ventilasi yang baik sangat penting untuk kandang Anda. Jendela ideal, dan Anda juga dapat memasang ventilasi atau kipas ventilasi di sepanjang atap atau puncak atap untuk memastikan sirkulasi udara yang baik.

D. Roosts

Kandang Anda akan membutuhkan ruang bertengger yang sesuai untuk setiap ayam, dan beberapa tingkat tempat bertengger paling baik untuk memenuhi hierarki kawanan. Tangga kayu tua atau pasak tebal bisa menjadi pilihan bagus untuk bertengger di kandang buatan sendiri.

E. Kotak Sarang

Pilih kotak sarang yang ukurannya sesuai untuk ayam petelur Anda, dan pastikan kotak tersebut diisi dengan alas yang aman dan nyaman untuk bantalan telur. Centang kotak secara teratur untuk telur tersembunyi atau telur yang didorong ke samping dan terlewat dengan pengumpulan biasa.

F.  Kebersihan

Kandang perlu dibersihkan secara teratur untuk menghilangkan parasit, penumpukan kotoran, dan bahaya lainnya pada ayam Anda. Memasang papan jatuhkan atau memilih alas tidur yang mudah diganti dapat membantu membuat kandang Anda lebih nyaman.

G. Lari Luar Ruangan

Ayam membutuhkan waktu di luar ruangan untuk memiliki gaya hidup yang sehat dan merangsang, dan lari ke kandang Anda tetap dapat membuat burung tetap aman sambil memberi mereka lebih banyak kebebasan. Pastikan pagar lintasan aman dan itu termasuk perlindungan dari serangan udara juga.

Baca juga : Perawatan Kandang Ayam Sesuai Musim

Lebih banyak yang masuk ke kandang ayam yang bagus daripada hanya tempat penampungan dasar, tetapi dengan semua keuntungan yang diberikan oleh kandang, Anda tidak ingin kawanan Anda tanpa kandang.